Pengertian dan Penjelasan Tentang Programming

  


Hai teman-teman, apa yang terlintas dibenak kalian mendengar programmer? Pada zaman dulu  programmer dianggap orang misterius yang menghabiskan waktu dihadapan komputer menggunakan kacamata tebal dan  menghasilkan kode-kode yang dipahami sendiri. (baca  tulisan Hoare mengenai programming : Sorcery or Science" [Hoare-84])

Namun seiring berkembang zaman programmer bukan hanya bekerja sendiri melainkan bekerja dalam suatu kelompok ataupun dalam suatu tim . Bekerja dalam tim itu memerlukan standar untuk cara kerjanya untuk  menghasilkan produk sesuai dengan prosedur.

 Apa bedanya programing dan belajar Bahasa pemprograman ?

Programming adalah proses kegiatan menulis notasi algoritma dan menguji coba program agar program  dapat dibuat dan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diinginkan programmer sedangkan Belajar Bahasa Pemrograman adalah belajar menggunakan bahasa, aturan sintak ,untuk setiap setiap intruksi dan cara pengoperasian.

Baik belajar memprogram maupun bahasa pemprograman mempunyai tingkatan kesulitan masing masing namun tidak jarang ada yang  mengalami kesulitan   keduanya baik belajar memprogram maupun bahasanya. Untuk itu diperlukan notasi yang disepakati  supaya lebih mudah untuk menerjemahkannya kedalam lingkup paradigma yang sama.

Bahasa pemprograman



Bahasa pemprograman itu cukup banyak dari bahasa tingkat terendah biner, bahasa assambler, bahasa tingkat tinggi sampai Bahasa generasi ke 4 . Bahasa pemprogram yang digunakan :

  1. prosedural : Algo,Pascal, Fortran, Basic,Cobol,C
  2. Fungsional : LOGO, APL, LISP
  3. Deklaratif/lojik : Prolog
  4. Object oriented murni : Smalltalk,Eifel,jaca, C++
  5. Konkuren : OCCAM,Ada, Java
  6. Relasional ; SQL pada basis data relasional

Aktifitas pemprograman

Memprogram merupakan kegiatan yang menghasilkan program. Aktifitas yang dilakukan untuk memprogram adalah

  •       Mendefinisikan masalah
Artinya kita menyelesaikan masalah dari masalah awal sampai masalah utama dengan menentukan sumber permasalahan secara berurutan .

  •        Menganalisis penyelesaian masalah
Artinya kita harus mencari solusi dari permasalahan untuk memudahkan perencanaan desain awal dengan menentukan variable yang ada dalam masalah dan bagaimana menyelesaikannya
  •        Menulis Notasi
Artinya kita sudah masuk kedalam merancang desain awal yang terdiri  dari judul, kamus dan algoritma dengan tujuan agar program lebih cepat selesai dan apabila terjadi eror dapat diatasi dengan cepat.
  •       Menuangkan ke dalam kodingan
  •        Menguji coba
Untuk mengetahui apakah program bisa berjalan atau tidak.
  • Mengamati prosesnya

Penutup
Sekian penjelasan singkat saya tentang programing sampai berjumpa lagi di pembahasan berikut tentang notasi.

 




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Notasi Algoritmik

Pengertian Looping, Ragam Looping beserta contohnya

Matriks / Array dalam c++